Jumat, 17 Oktober 2014

RAHASIA HATI

Hati adalah segumpal daging yang tumbuh dalam tubuhmu, bila Kamu selalu melapangkan hatimu... maka beruntunglah Kamu menjadi manusia yang memiliki hati seluas samudra @LEGOWO

Niat itu adanya didalam hati oleh karenanya kita selalu menata niat disebabkan Alloh semata, manusia hanya bisa menilai kita dari lahiriah saja, begitupun malaikat takkan pernah tahu isi hati kita kecuali Dia Alloh yg Maha Mengetahuinya.

Hati bila sudah terluka susah obatnya dan biasanya terluka karena ucapan dan ada istilah mulut mu harimau mu ! oleh karenanya hati kita ditata dengan baik sejelek apapun ucapan yang menyakiti kita tapi kalau kita hatinya legowo niscaya hidup akan lebih terasa mudah, ringan dan tidak mudah tersinggung akan diterima di semua kalangan karena kita termasuk ortang yang supel, periang dan selalu dirindukan orang.


untuk menata hati kita tetap dalam keimanan banyak macamnya, yaitu;
  1. Selalu membiasakan membaca Al-quran minimal dalam sehari 3 ayat saja sudah bagus, apalagi satu ruku, bahkan bisa satu Juz  itu lebih ruarrrbiasa, dengan membaca quran hati kita lebih terisi dan penuh makna.
  2. Selalu membiasakan berbicara yang baik dan memiliki budipekerti yang luhur dibarengi dengan pemahaman ilmu agama yang mumpuni, sering mendatangi majlis ta'lim untuk menambah keilmuannya.
  3. Selalu membiasakan mendengarkan nasehat/tausiah agama yang isinya dapat menjadi siraman rohani kita, menggugah hati kita dengan basiran wanadziran
  4. Selalu membiasakan bergaul dengan orang-orang yang sholeh-sholehat, bergaul dengan orang-orang baik.
  5. Selalu membiasakan diri terjaga dari perbuatan maksiat, atau perbuatan yang mendekati kepada kemaksiatan.
  6. Selalu membiasakan berdoa di waktu-waktu mustajab.
  7. Selalu membiasakan memohon pertolongan kepada Alloh.
  8. Selalu membiasakan prasangka baik, karena persangkaan kita Alloh berada didalam persangkaan kita.
  9. Selalu membiasakan menjauhi penyakit hati; dengki, derengki, sahna, suudzon, tamak, takabur, iri hati, ria dan sejenisnya.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar